Koper atau Tas Yang Cocok Untuk Perjalanan ?

Salah satu permasalahan umum yang dialami para traveler atau pemudik adalah menyimpan barang bawaan dengan tas atau koper. Beberapa orang menggunakan tas karena terbuat dari bahan kain atau kulit yang bisa dilipat atau diselipkan ke bagian kendaraan yang sempit. Yang lainnya memilih menggunakan koper karena ingin barang bawaannya tetap tersimpan rapi selama dalam perjalanan.

Berikut beberapa tips menentukan koper atau tas sebagai tempat menyimpan barang bawaan anda :

1. Pilih Koper atau Tas Sesuai Kebutuhan
Untuk perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, pastikan Anda membawa kebutuhan yang tepat dan sesuai. Penggunaan tas dan koper berkualitas tentu menjadi hal yang wajib dilakukan agar barang bawaan Anda yang diperlukan bisa terbawa semua.

Ini penting, selain mempermudah perjalanan Anda, juga menghindari biaya tambahan yang mungkin Anda keluarkan untuk kelebihan bagasi. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya bagasi tambahan hanya karena membawa terlalu banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan saat bepergian.
Pilih ukuran koper atau tas sesuai dengan lama perjalanan Anda nantinya. Bila jangka waktu perjalanan Anda membutuhkan waktu lama, Anda bisa menggunakan koper atau tas dengan ukuran lebih besar dibanding pada saat perjalanan yang singkat saja.

2. Pilih Bahan yang Tepat
Jika melihat kenyataan bahwa koper akan menampung berbagai barang bawan Anda dan masuk ke bagasi pesawat, jelas Anda haarus memilih bahan berkualitas baik. Koper atau tas yang terbuat dari bahan polycarbonate (sejenis plastik keras dan kuat) yang ringan, cukup layak dijadikan sebagai pilihan. Namun koper jenis hard case seperti ini memang terbilang rentan mengalami kerusakan selama proses pengangkutan.

Bahan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah koper atau tas dengan tipe soft case yang terbuat dari bahan nylon atau polyester. Pada umumnya, bahan seperti ini akan lebih mudah dibawa untuk setiap perjalanan, bahkan bisa dibawa serta dengan mudah ke dalam kabin. Namun apapun bahan koper dan tas pilihan Anda, pastikan koper atau tas tersebut anti air dan bisa menjaga barang-barang tetap kering selama perjalanan.

3. Ukuran dan Daya Tampung yang Tepat
Dalam memilih koper atau tas, pastikan bisa memuat semua barang bawaan Anda, sehingga penting untuk memilih ukuran yang paling tepat. Kalau perlu, Anda bisa memiliki koper atau tas dari berbagai ukuran, agar sewaktu-waktu diperlukan tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan, menyesuaikan lama perjalanan Anda.
Pada umumnya, ukuran koper atau tas di bagasi dihitung dalam sentimeter (panjang x lebar x tinggi) dimulai dari bagian roda koper hingga bagian permukaan atas koper tersebut. Berikut beberapa ukuran koper yang umumnya digunakan untuk bepergian, diantaranya:
16” (30x17x47 cm)
Koper ini biasa dibawa ke dalam kabin dan umumnya dapat digunakan untuk perjalanan singkat sekitar 1-3 hari
20” (37x22x56 cm)
Koper berukuran sedang ini bisa membuat cukup banyak barang, bahkan hingga mencapai 16 kg
22” (38x22x48 cm)
Masih berukuran sedang, koper yang satu ini juga bisa menampung barang bawaan sekitar 16-20 kg
24” (43x23x63 cm)
Masuk dalam ukuran medium, koper ini bisa menampung barang bawaan dalam jumlah besar, yakni hingga 26 kg
28” (47x32x73 cm)
Koper ini masuk dalam ukuran besar dan bisa menampung barang bawaan sekitar 35 kg
32” (51x35x81 cm)
Koper ini masuk kategori berukuran besar. Sehingga lebih cocok bila memang jangka waktu perjalanan Anda membutuhkan waktu sangat lama

4. Pilih Roda dan Pengamanan Koper yang Baik
Kendati bepergian dengan barang bawaan banyak, Anda tentu tidak ingin mengalami kendala saat membawa/menggerakkan koper. Untuk itu, kenali jenis-jenis roda pada koper atau tas saat membelinya, antara lain jenis koper beroda empat (spinner) dan jenis koper beroda dua (upright).
Tentu koper dengan roda spinner akan lebih mudah bergerak, meskipun beban di dalam cukup berat, ditambah lagi ada beban tambahan yang biasanya berada di atasnya yaitu tas tenteng.
Selain roda, kunci pengaman yang digunakan pada koper juga wajib menjadi perhatian khusus. Koper yang menampung berbagai barang penting Anda, sudah seharusnya memiliki jenis pengaman yang terbaik pula. Pilih koper dengan kunci pengaman Travel Sentry Approved (TSA) yang memenuhi standar keamanan internasional, agar koper Anda tetap aman sepanjang perjalanan.

5. Harga Menentukan Kualitas
Apapun barang yang Anda beli, pastikan kualitasnya terjamin. Bicara kualitas, biasanya harga juta ikut serta dalam menentukan kualitas tersebut. Untuk setiap kualitas yang Anda dapatkan, ada sejumlah harga yang akan dibayarkan. Ini juga berlaku pada saat Anda ingin membeli koper atau tas.

Pastikan Anda membayar harga yang sepadan dengan kualitas tas atau koper yang Anda dapatkan. Ini bisa dilakukan dengan cara membandingkan satu produk dengan produk lainnya, hingga Anda menemukan koper atau tas yang kualitasnya baik, dengan harga terbaik pula tentunya.

Semoga penjelasan di atas bisa membantu anda dalam menentukan peralatan yang harus dibawa selama perjalanan jauh. Karena kalau kita tidak tepat dalam mengambil keputusan, bisa jadi hal itu akan menjadi masalah selama perjalanan anda.